Perjuangan Paramadina Belum Berakhir

[print_link]

Perjuangan Paramadina Belum Berakhir

Yayasan Paramadina masih konsisten dengan visi dan misinya yang telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa selama 26 tahun berdiri.

Dari siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, disebutkan dalam peringatan HUT Yayasan Paramadina yang ke 26, keluarga besar Paramadina bersyukur masih konsisten dengan visi misi yang diusungnya.

Paramadina yang berdiri pada 31 Oktober 1986 memiliki visi untuk menjadi institusi unggulan berbasis etika religius dalam mewujudkan peradaban yang luhur. Sedangkan misinya adalah berperan aktif membangun peradaban dengan asas toleransi terhadap pluralisme dan inklusivisme untuk kemajuan bangsa.

Dalam rilis disebutkan, Ketua Umum Yayasan Paramadina Didik J. Rachbini mengatakan Paramadina tetap berpegang teguh pada sifat-sifat yang independen, terbuka, dan kultural.

Dijelaskan independen artinya tidak berafiliasi dengan kekuatan politik mana pun. Terbuka artinya Paramadina menjadi wahana berkumpul berbagai kalangan yang bisa berdialog secara jujur, terbuka dan demokratis. Kultural artinya semua kegiatan Paramadina tidak diorientasikan untuk kepentingan politik praktis, tetapi untuk kemajuan kehidupan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Disebutkan juga berbagai krisis kemanusiaan di Indonesia telah menjadi perhatian khusus Paramadina. Untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus korupsi dan penyalahgunaan narkoba, Paramadina telah mengintensifkan kajian, diskusi dan dialog mengenai pemahaman agama dalam “Paket Studi Islam” dan program siaran “Belajar Islam” melalui televisi.

Selain itu, Paramadina juga berperan aktif mendirikan sekolah-sekolah gratis untuk anak usia dini atau PAUD di berbagai daerah, memberikan bantuan sarana dan prasarana pendidikan di daerah-daerah yang terkena bencana, pemberian makanan murah dan bergizi kepada masyarakat miskin serta pemberian beasiswa kepada anak sekolah.

Sementara dalam pengembangan pendidikan tinggi, Paramadina tetap berkomitmen menjadikan Universitas Paramadina sebagai kegiatan utama yayasan.

Sumber: ANTARA News (31 Oktober 2012)

Comments

comments