SAYEMBARA AHMAD WAHIB AWARD 2014

SAYEMBARA AHMAD WAHIB AWARD 2014

“Inspirasi untuk Toleransi”

Total Hadiah: Rp 67.500.000,-

Kategori: Esai, Blog, Video

Pendaftaran & Pengiriman Karya: ahmadwahib.com

Sayembara Wahib 2014, 2

Ahmad Wahib Award adalah kompetisi yang menantang anak muda untuk mengekspresikan gagasan dan pengalaman mereka seputar persoalan kemajemukan di Indonesia lewat esai, blog, dan video, dengan mengambil inspirasi dari Ahmad Wahib.

Ahmad Wahib (1942-1973) dikenal sebagai pemikir dan pembaru Islam, terutama lewat catatan harian yang diangkat menjadi buku Pergolakan Pemikiran Islam. Ada setidaknya dua aspek penting dalam catatan tersebut. Pertama, Wahib peka terhadap krisis di zamannya. Kedua, Wahib berani mempertanyakan hampir segala sesuatu yang dianggap mapan, mulai dari dogma agama, ilmu pengetahuan hingga soal-soal kemasyarakatan.

Salah satu krisis yang dihadapi Indonesia dewasa ini adalah tingginya tingkat intoleransi dan konflik kekerasan. Semua itu terjadi di tengah meningkatnya kecenderungan dominasi kebenaran oleh kelompok tertentu dan meningkatnya ancaman kebebasan berpikir dan berpendapat. Persoalan-persoalan tersebut mengancam kemajemukan di Indonesia.

Harapannya lewat kompetisi ini, sambil belajar dari gagasan dan semangat Wahib, akan muncul ide-ide yang dapat mendorong dan membantu generasi muda dalam merawat dan menghormati kemajemukan dalam hidup sehari-hari. Selain itu, karena kompetisi kali ini bertepatan dengan tahun Pemilu, ide-ide itu juga diharapkan dapat mendorong dan membantu pemimpin yang kelak terpilih agar lebih serius mengelola kemajemukan di Indonesia.

Total hadiah kompetisi ini sebesar Rp 67.500.000,- (enam puluh tujuh juta lima ratus ribu rupiah) dengan rincian:

  • Uang tunai bagi 3 pemenang utama masing-masing kategori sebesar Rp 10.000.000,-
  • Uang tunai bagi 3 pemenang kedua masing-masing kategori sebesar Rp 7.500.000,-
  • Uang tunai bagi 3 pemenang ketiga masing-masing kategori sebesar Rp 5.000.000,-

Dewan Juri:

  • Afra Suci (Co-Founder & Koordinator Pamflet)
  • Ihsan Ali-Fauzi (Direktur PUSAD Paramadina)
  • Ucu Agustin (Sutradara Dokumenter)
  • Wendi Putranto (Executive Editor Rolling Stone ID)
  • Zen RS (Blogger, Esais, Novelis)

Tema:

“INSPIRASI UNTUK TOLERANSI”

Topik (sama untuk semua kategori: esai, blog dan video)

  1. Gagasan atau pengalaman menghadapi diskriminasi atau kekerasan. Apakah kamu atau orang di sekelilingmu pernah menjadi sasaran kebencian atau kekerasan karena berbeda pendapat atau keyakinan? Bagaimana kamu mengatasinya? Apa yang akan kamu sarankan kepada pemimpin negeri ini?
  2. Gagasan atau pengalaman merintis dan/atau merawat toleransi dan perdamaian. Di banyak tempat di Indonesia, masyarakat bisa hidup bersama dan mengatasi persoalannya dengan damai. Bagaimana itu bisa terjadi? Apakah kamu berperan di dalamnya? Apa yang akan kamu sarankan kepada pemimpin negeri ini?

Ketentuan Peserta:

  • Warga Negara Indonesia usia 16-25 tahun (berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) / Kartu Pelajar).
  • Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan memberikan informasi yang valid.
  • Peserta harus bersedia mengikuti wawancara tatap muka jika terpilih jadi finalis (wawancara tatap muka akan dilakukan pada awal November 2014).
  • Peserta dapat mengikuti ketiga kategori kompetisi, tapi hanya dapat menjadi juara di satu kategori (ketentuan masing-masing kategori berlaku).
  • Peserta belum pernah memenangi kompetisi Ahmad Wahib Award sebelumnya.
  • Peserta tidak dipungut biaya.

Catatan:

  • Konten lomba yang telah didaftarkan dan dikirimkan untuk kompetisi Ahmad Wahib Award dapat digunakan sebagai materi publikasi yang berhubungan dengan kegiatan Ahmad Wahib Award.
  • Pihak penyelenggara tidak bertanggung jawab atas tuntutan dari pihak ketiga terhadap konten peserta yang diterima pihak penyelenggara.
  • Panitia Ahmad Wahib Award tidak dapat ikut serta dalam kompetisi ini.
  • Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Waktu: 

Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des
Pendaftaran & pengiriman karya 7 Juni-25Agustus 2014

 V

 V

 V

V

Penjurian 27 September-31 Oktober 2014

 V

 V

Pengumuman Juara 14 November 2014

   V

 

Informasi & Pendaftaran:

Website: ahmadwahib.com ∥ Twitter: @wahibaward ∥ Facebook: Sayembara Ahmad Wahib ∥ Email: [email protected]

Sekretariat:

PUSAD Paramadina, Bona Indah Plaza, Blok A2 No. D12.

Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Comments

comments