Pemutaran & Diskusi Film SENYAP (THE LOOK OF SILENCE)

foto Pemutaran film SENYAPPemutaran & Diskusi Film

SENYAP (THE LOOK OF SILENCE)

 Jumat, 12 Desember 2014. Pukul 16.00-20.30 WIB

Pisa Cafe, Jl. Mahakam No, 11 Blok M, Jakarta Selatan.

Narasumber: Indria Fernida (Aktivis HAM). Moderator: Ihsan Ali-Fauzi.

Dalam rangka memperingati Hari HAM Internasional pada 10 Desember, Forum Muda Paramadina akan memutar dan mendiskusikan film Senyap (The Look Of Silence), 2014. Film dokumenter arahan Joshua Oppenheimer ini bertema sentral pembantaian massal 1965. Film ini mengangkat kisah satu keluarga penyintas yang berusaha mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya. Adik bungsu korban bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban. Ia kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya. Sesuatu yang tak terbayangkan di negeri dengan para pelanggar HAM yang masih berada di kursi kekuasaan.

Film ini memenangkan penghargaan Busan Cinephile Award di Busan International Film Festival (2014), DOX:AWARD di CPH:DOX (2014), Best Documentary dalam Denver Film Festival (2014), dan Grand Jury Prize, FIPRESCI AWard, Mouse d’Oro Award, Feodora Award, dan Human Rights Nights Award dalam Venice International Film Festival (2014).

Pemutaran & Diskusi Film ini merupakan program bulanan PUSAD Paramadina yang memutarkan film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas. Selain menikmati aspek sinematografi, program ini diharapkan menjadi sarana untuk mempelajari gejala-gejala sosial, ekonomi, politik, budaya, dan keagamaan di seluruh dunia.

 

Comments

comments