Pemutaran & Diskusi Film “I CORRUPT ALL COPS”

Pemutaran & diskusi film Corrupt-All-CopsPemutaran & Diskusi Film

“I CORRUPT ALL COPS”

Jumat, 13 Maret 2015, Pukul 16.00-20.30 WIB

Pisa Cafe, Jl. Mahakam No. 11 Blok M, Jakarta Selatan

Narasumber: Usman Hamid

(Mantan Koordinator Kontras, Anggota Tim Pembela Bambang Widjojanto).

Kisruh antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) sangat penting diperbincangkan dan diatasi. Apa yang harus dilakukan? Apa yang bisa dipelajari dari pengalaman negara-negara lain?

Bulan Maret ini, kami akan memutar film “I Corrupt All Cops” (2009). Film drama kriminal produksi Hong Kong ini menceritakan awal berdirinya Independent Commission Againts Corruption (ICAC) di negara koloni Inggris tersebut pada awal 1970-an. ICAC dibentuk Gubernur Hong Kong untuk menghentikan praktik korupsi yang marak terjadi di kepolisian Hong Kong. Meski mendapat berbagai ancaman dan intimidasi, ICAC pada akhirnya berhasil menghancurkan korupsi di kepolisian Hong Kong. ICAC juga menjadi model pemberantasan korupsi di negara-negara lain, termasuk Indonesia, dengan pembentukan KPK.

“ICAC, sebagaimana KPK, tentu bisa mengatakan, dirinya adalah tanda keadaan genting. Ia tak akan ada seandainya polisi, jaksa, dan pengadilan bekerja penuh, sesuai dengan tugas mereka, seandainya mereka membangun sebuah situasi yang disebut ‘normal’. – Goenawan Mohamad tentang film ini, ICAC dan KPK (Tempo, 26 Januari 2015).

Pemutaran dan Diskusi Film ini merupakan acara bulanan Forum Muda Paramadina, bekerjasama dengan Kafe Pisa Mahakam dan LSI Community. Nobar bulanan memutar film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas.

 

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Disediakan juga makan malam.

Reservasi: [email protected]

 

Comments

comments