nobar

Pemutaran & Diskusi Film ROMERO

Jumat, 19 Juni 2015, Pukul 16.00-20.30 WIB.

Pisa Cafe.

Jl. Mahakam No.11, Blok M, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia.

Romero adalah pemimpin spiritual yang kritis dan berani turun tangan mengorganisir aksi damai menentang pemerintah otoriter El Salvador. Pembunuhan Uskup Agung Oscar Romero pada tahun 1980 memicu protes dunia internasional. Film produksi Paulist Picture ini disutradarai John Duigan (1989) dan dibintangi oleh Raul Julia, Richard Jordan, dan Ana Alicia.

Akibat korupsi dan kemiskinan yang merebak di Amerika Tengah, pemerintah El Salvador menghadapi sejumlah gejolak protes dari masyarakat, yang berujung pada sejumah penyiksaan, penahanan sewenang-wenang dan pelanggaran hak asasi manusia. Militer menangkapi para aktivis, melakukan teror dan pembunuhan terhadap pemimpin agama (Oscar Arnulfo Romero).

Aksi Romero ini dilatarbelakangi posisinya sebagai sang imam penganjur kejujuran, namun di sekitarnya terjadi penipuan. Dia menginginkan pemerintahan yang jujur, tapi kebohongan terjadi di banyak tempat. Ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya membuat Romero tidak bisa tinggal diam. Fakta dan nurani menuntutnya bergerak demi harkat kemanusia. Bagi Romero, menghindari “politik” berarti meninggalkan rakyat miskin sendirian dalam ketertindasan.

Acara ini diawali pemutaran film dan buka puasa. Dilanjutkan dengan diskusi bersama narasumber Trisno Sutanto (Teolog/PGI).

Pemutaran dan Diskusi Film merupakan acara bulanan Forum Muda Paramadina bekerjasama dengan Kafe Pisa Mahakam dan LSI Community. Nobar bulanan memutar film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum

Reservasi: [email protected]

(Cantumkan nama dan nomor kontak)

 

Comments

comments