NU-Muh

Diskusi “Meneropong Peran Nahdlatul Ulama & Muhammadiyah di Masa Depan”

Jumat, 26 Juni 2015, Pukul 18.00-22.00 WIB.

Aula Ciputat School (Futsal Camp).

Jl. RE. Martadinata No. 19, Ciputat, Tangerang Selatan.

Narasumber:
Rumadi Ahmad (Intelektual Muda Nahdlatul Ulama).
Najib Burhani (Peneliti LIPI, Intelektual Muda Muhammadiyah).

Dua organisasi muslim terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, akan menggelar pertemuan akbar perwakilan organisasi atau muktamar bulan Agustus tahun ini. Mukatamar NU ke-33 akan diselenggarakan pada 1-5 Agustus 2015 di Jombang, Jawa Timur, sementara Muhammadiyah menyelenggarakannya pada 3-7 Agustus 2015 di Makassar.

Agenda forum permusyawaratan tertinggi NU kali ini terdiri dari pemilihan Rais ‘Aam Syuriah (Ketua Umum Dewan Syuro) dan Ketua Umum Tanfidziyah (Pelaksana), serta pembahasan beberapa masalah yang dibagi dalam tiga kelompok: Maudlu’iyyah (tematik), Waqi’iyyah (kekinian), dan Qanuniyyah (perundang-undangan).

Sementara itu, muktamar Muhammadiyah bertema “Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan.” Pertemuan ini tak hanya akan membahas langkah strategis organisasi, termasuk pemilihan anggota pimpinan pusat dan penetapan ketua umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, namun juga masukan untuk perbaikan bangsa.

Sejauh mana muktamar ini merumuskan peran NU dan Muhammadiyah bagi masa depan Indonesia? Apa pengaruh muktamar ini bagi kaum muslim secara umum dan penyelesaian permasalahan sosial di Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, diskusi bulanan Ciputat School kali ini mengambil tema: “Menjelang Dua Muktamar: Meneropong Peran Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Masa Depan.”

Ciputat School adalah forum diskusi yang diinisiasi oleh Komunitas Ciputat School bersama Forum Muda Paramadina. Forum ini mengulas teman-tema agama, perdamaian, demokrasi, politik, dan hak asasi manusia. Forum ini terbuka untuk umum.

Acara terbuka untuk umum. Diawali makan malam. Tempat terbatas.

RSVP: Ayu Mellisa ([email protected])

 

Comments

comments