timbuktu_ver3_xlg

Pemutaran & Diskusi Film “Timbuktu”

Jumat, 21 Agustus 2015, Pukul 16.00-20.30 WIB.
Pisa Cafe, Jl. Mahakam No, 11 Blok M, Jakarta Selatan.

Narasumber: Dadi Darmadi (Antropolog).

Menguatnya aktivitas kelompok garis keras Islam, seperti Al-Qaeda dan Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL), memberikan pengaruh besar pada kehidupan masyarakat, terutama di wilayah okupasinya. Tahun 2012, terjadi perajaman kepada pasangan yang belum menikah di Aguelhok, Mali. Peristiwa ini menjadi implementasi hukum syariah dalam okupasi kelompok Islamis garis keras untuk pertama kalinya di wilayah ini. diskusi film

Peristiwa ini menginspirasi film drama tahun 2014 berjudul ‘Timbuktu.’ Film Perancis-Maurisia ini menceritakan kehidupan Kidane, seorang penggembala, bersama istri dan kedua anaknya yang tinggal damai di bukit pasir tidak jauh dari sebuah kota bernama Timbuktu, Mali. Sementara itu warga di kota sangat menderita paska kelompok jihadis berkuasa dan menerapkan hukum yang sangat membatasi kehidupan warganya. Larangan dan keputusan pengadilan yang absurd makin bermunculan dalam rezim teror jihadis ini. Hingga akhirnya, kehidupan keluarga Kidane yang jauh dari kekacauan Timbuktu harus menghadapi ancaman jihadis karena sebuah konflik.

Film ini menjadi nominator film asing terbaik Oscar 2015 dan penghargaan Palme d’Or Cannes 2014. Film ini memenangkan penghargaan Prize of the Ecumenical Jury dan François Chalais Prize. Timbuktu mendapatkan respon positif dari situs-situs peringkat film dan disebut sebagai film yang sangat tepat zaman dengan pesan yang kuat.

Program yang terselenggara atas kerjasama Forum Muda Paramadina dengan Kafe Pisa Mahakam dan LSI Community. Dalam program ini diputar film-film peraih penghargaan internasional yang akan didiskusikan bersama narasumber berkualitas. Selain menikmati aspek sinematografi, program ini diharapkan menjadi sarana untuk mempelajari gejala-gejala sosial, ekonomi, politik, budaya, dan keagamaan di seluruh dunia.

Detal Kegiatan:

16:00-17:40 WIB: Pemutaran Film Timbuktu
17:40-18:20 WIB: Makan Malam
18:20-20:30 WIB: Diskusi Film
Gratis dan terbuka untuk umum (dengan reservasi).

RSVP: Ayu Mellisa ([email protected]).

 

Comments

comments