knotted gun

RISOS: The Flawed Logic of Democratic Peace Theory

Kamis, 20 Agustus 2015. Pukul 14.00-16:00 WIB

Aula PUSAD Paramadina

Bona Indah Plaza, Blok A2 No. D 12, Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta (021-7655253)

Reading in Social Sciences (RISOS) kali ini akan membahas artikel dari Sebastian Rosato (The University of Chicago) yang berjudul The Flawed Logic of Democratic Peace Theory. Dalam artikel ini, Rosato hendak menelaah logika sebab-akibat yang mendasari teori tersebut untuk menentukan apakah teori tersebut penjelasan yang memadai mengenai pasifisme yang dimiliki demokrasi?

Rosato menemukan bahwa demokrasi tidak serta merta mengenyahkan potensi konflik pun tak saling percaya/menghormati ketika kepentingan satu sama lain bersilangan. Ia membagi logika sebab-akibat dalam variabel dependen dan independen lalu memeriksa hubungan sebab-akibat di antaranya.

RISOS adalah kelas bulanan Forum Muda Paramadina yang membahas artikel-artikel jurnal internasional di bidang ilmu sosial. Forum Muda Paramadina adalah program Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina yang mempertemukan peneliti muda untuk berlatih dan berdiskusi mengenai riset sosial yang inovatif dan berorientasi pemecahan masalah. Diskusi ini fokus terutama pada “tulang” atau strategi riset daripada “daging” atau temuan risetnya.

Proses kegiatan:

Panitia kegiatan akan mengirimkan bahan artikel kepada peserta sebelum diskusi.

Selain artikel, panitia juga akan mengirimkan format catatan yang harus dibuat oleh peserta dan dikumpulkan sehari sebelum kelas ini dilaksanakan. Panitia print-out catatan peserta dan dibagikan sebelum kegiatan dilaksanakan.

 

Comments

comments