Arah Studi Islam di Indonesia 1

Seminar “Arah Studi Islam di Indonesia: Tantangan dan Prospek”

Studi Islam di Indonesia menunjukkan perkembangan yang menarik akhir-akhir ini. Jika di masa lalu pendekatan normatif lebih dominan maka dewasa ini terdapat kecenderungan yang semakin kuat untuk menggunakan berbagai pendekatan yang historis atau gabungan keduanya. Pendekatan pertama bersifat doktrinal-teologis, sedangkan yang kedua dilakukan dengan berbagai pendekatan yang bersifat multi disiplin dan inter disiplin (polyphonic) seperti pendekatan sosiologis, historis, filosofis, psikologis, kultural, dan antropologis.    Arah Studi Islam di Indonesia

Universitas Paramadina akan membuka kembali secara mandiri Program Studi Magister Ilmu Agama Islam (MIAI) pada September 2015. Selama kurang lebih 13 tahun program tersebut dikerjasamakan dengan Islamic College for Advanced Studies (ICAS) yang berpusat di London. Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkaya aspek-aspek studi agama khususnya Islam, termasuk metode dan pendekatan-pendekatan yang digunakan dengan mempertimbangkan tantangan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia yang terus berubah serta peranan yang dapat dimainkan oleh Islam dan agama pada umumnya. Tujuan lain adalah memperingati Tahun kesepuluh wafatnya Prof. Dr. Nurcholish Madjid (Cak Nur). Beliau adalah salah satu figur yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengayaan studi Islam di Indonesia.

Kami mengundang bapak/ibu/sdr/i dalam Seminar “Arah Studi Islam di Indonesia: Tantangan dan Prospek” yang akan diselenggarakan, pada:

Rabu, 19 Agustus 2015. Pukul 09.00-13.30 WIB

Auditorium Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina

Jl. Gatot Subroto Kav. 97, Mampang, Jakarta Selatan (021-79181188)

Pembicara:

  1. Fachry Ali, MA (Lembaga Studi Pengembangan Etika Usaha Indonesia): “Kontribusi Nurcholish Madjid dalam Studi Islam di Indonesia”
  2. Dr. Oman Fathurrahman (UIN Syarif Hidayatullah): “Studi Khazanah Intelektual Islam Indonesia dan Relevansinya Dewasa Ini.”
  3. Muhammad Ali, PhD (Associate Professor Religious Studies Department, University of California, Riverside): “Orientasi dan Metode Studi Islam di Barat pada Periode Mutakhir (Kontemporer).”
  4. Pipip A. Rifa’i Hasan, PhD. (Program Studi Magister Ilmu Agama Islam, Universitas Paramadina: “Studi Islam dan Tantangan-tantangan Kemanusiaan Dewasa Ini.”

Moderator: Mohammad Subhi, M. Hum. (Program Studi Falsafah dan Agama, Universitas Paramadina).

Tempat terbatas.

Konfirmasi kehadiran: [email protected] / SMS ke Dwi: 085813430071.

Comments

comments