NMML edit

Nurcholish Madjid Memorial Lecture IX: “Agama, Nirkekerasan & Budaya Perdamaian”

Pidato: Prof. Chaiwat Satha-Anand

(Gurubesar Ilmu Politik Universitas Thammasat, Thailand, dan Ketua Komisi Nirkekerasan Strategis, Thailand Research Fund)

Jakarta:

Selasa, 6 Oktober 2015, Pukul 18.00-22.00 WIB.

Tema: “Memelihara Kehidupan… Nirkekerasan dan Kewajiban Islam”.

Aula Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta.

Yogyakarta:

Kamis, 8 Oktober 2015, Pukul 09.00-12.00 WIB.

Tema: “Bercermin pada Yang Kudus: Memahami Islam dan Politik di Abad 21”.

Auditorium Gedung SPs Lt. 5, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Setiap tahun, Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD), Yayasan Paramadina, mengadakan Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML) untuk mengapresiasi dan melanjutkan sumbangan Almarhum Nurcholish Madjid, pendiri yayasan. Kegiatan ini terdiri dari penyampaian pidato dan penerbitan buku karya seorang cendekiawan publik yang dikenal luas berkat pemikiran, aktivisme, dan komitmennya kepada hubungan harmonis antara agama dan demokrasi.

Tahun ini, NMML akan disampaikan Prof. Chaiwat Satha-Anand, Gurubesar Ilmu Politik Universitas Thammasat, Thailand, dan Ketua Komisi Nirkekerasan Strategis, Thailand Research Fund, sebuah tanki pemikir yang mengusulkan alternatif-alternatif kebijakan nirkekerasan kepada pemerintah. Berkat banyak karya dan aktivismenya, Prof. Satha-Anand juga dikenal luas sebagai pemikir, aktivis dan humanis yang rajin mengampanyekan panggilan nirkekerasan agama-agama dan budaya perdamaian. Karena itu pula, kawan baik Almarhum Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid ini kini dipercaya sebagai Senior Research Fellow pada Institute for Global Peace and Policy Research dan penasihat akademis pada International Center for Nonviolent Conflict (ICNC).

Prof. Satha-Anand akan menyampaikan dua kuliah tentang “Agama, Nirkekerasan dan Budaya Perdamaian”, di Jakarta (Universitas Paramadina, 6 Oktober 2015) dan Yogyakarta (CRCS, Sekolah Pascasarjana UGM, 8 Oktober 2015). Kedua kuliah akan dilengkapi peluncuran buku karangannya, “‘Jika Seseorang Memelihara Kehidupan…’: Esai-esai tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam.”

Di tengah makin mengerikannya tingkat kekerasan akhir-akhir ini, dan peran agama-agama di dalamnya, sepertinya tak ada yang lebih relevan untuk dibicarakan sekarang dibanding tema di atas. Bagaimana sebenarnya kaitan agama, terutama Islam, dan kekerasan? Apakah mungkin agama menjadi sumber perdamaian? Bagaimana agamawan dan organisasi agama bisa didorong untuk memainkan peran-peran perdamaian?

Kedua kuliah terbuka untuk umum, tanpa bayaran. Kuliah akan disampaikan dalam Bahasa Inggris, dengan penyampaian ringkasan kuliah dalam Bahasa Indonesia oleh moderator.

Pemberitahuan awal ini akan disusul informasi detail berikutnya. Jika Anda tertarik menghadiri kuliah di atas, catat tanggalnya. Versi elektronik buku akan diunggah di website PUSAD Paramadina, tetapi versi cetaknya dapat diperoleh di tempat acara, dengan ongkos pengganti cetak.

Informasi lebih lanjut:

021-7655253 (Ali Nursyahid)

www.paramadina-pusad.or.id

NMML

 

Comments

comments