Hight School Competition

High School Business Competition “Pengembangan Model Manajemen & Bisnis Berbasis Etika Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”

Di Indonesia saat ini, banyak kalangan masyarakat berpendapat bahwa membuat suatu bisnis harus bertumpu pada modal kapital yang mencukupi dan selalu melihat orang-orang yang sudah sukses dengan tidak melihat perjuangan dalam mendirikan suatu bisnis. Paradigma lama tersebut terus berkembang sampai saat ini sehingga masyarakat secara luas sudah terdikotomi dengan paradigma tersebut.

Melihat kekayaan Indonesia dengan sumber daya yang dimiliki saat ini juga sudah merupakan jargon-jargon yang hanya pada tatanan kognitif masyarakat luas di Indonesia dan kembali lagi jika membuat suatu bisnis selalu terbentuk pada modal kapital yang dimiliki. Banyak juga masyarakat luas yang pada umumnya ingin membuat suatu bisnis akan tetapi tidak menggunakan sumber daya yang dimiliki selama ini.

Penggunaan sumber daya yang optimum dan pemanfaatan sensori yang dimiliki oleh masing-masing individu dalam melihat lingkungan eksternal, baik secara nasional, regional maupun internasional sangatlah penting. Pada pengamatan lingkungan eksternal adalah dihadapkan pada perubahan masyarakat yang terintegrasi secara regional, baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial-budaya (penguatan sosial), teknologi (media sosial), dan pertahanan regional yang semakin kondusif.

Sejalan dengan pernyataan di atas, maka perubahan regional dalam masyarakat ekonomi ASEAN atau (MEA) perlu disikapi dengan seksama dan cepat terutama dalam penerapan edukasi kegiatan bisnis yang dilakukan sedini mungkin di Indonesia.

Pada kegiatan lomba business plan ini diharapkan para peserta dapat melihat perubahan lingkungan eksternal dengan mengiplementasikan menciptakan ide-ide dan kegiatan bisnis yang kreatif di kalangan para siswa SMA.

Hight School Competition

  1. Tema

“Pengembangan Model Manajemen dan Bisnis Berdasarkan Etika Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”

  1. Tujuan

3.1. Siswa dapat melihat dan mengaplikasikan perubahan lingkungan eksternal pada skala regional ASEAN sebagai terobosan dalam membuat ide-ide bisnis terkait pemanfaatan teknologi (pemanfaatan media sosial)

3.2. Siswa dapat mengaplikasikan bahwa masyarakat ekonomi ASEAN sebagai peluang yang baik dalam pengembangan pasar.

3.3. Siswa mengerti dan memahami bahwa ide bisnis dan aplikasi bisnis yang dimulai dari kecil, menengah dan besar tersebut selalu berorientasi pada sekala regional dan internasional.

 

  1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

– Tempat Pelaksanaan: Aula Universitas Paramadina, Jakarta.

– Tanggal: 17 November 2015

– Waktu: 08.00-15.00 WIB

– Peserta: Siswa SMA Kelas XII seluruh DKI Jakarta.

Susunan Acara (tentatif)

07.30 – 08.30 WIB: Registrasi

08.30 – 09.00 WIB: Pembukaan acara oleh Rektor Universitas Paramadina

09.00 – 10.00 WIB: Panel Speech (rencana: Nadiem Makarim/Go-Jek dan Mustapha Romdani/tangandiatas.org)

10.00 – 12.00 WIB: Kompetisi Sesi Pertama

12.00 – 13.00 WIB: Istirahat dan Ibadah

13.00 – 15.00 WIB: Kompetisi Sesi Kedua

15.00 – 15.30 WIB: Pengumuman Pemenang

 

  1. Sistem Pelaksanaan Lomba Business Plan

5.1. Kerangka Kompetisi

Kompetisi Business Plan ini dibuat untuk para siswa SMA kelas XII. Peserta pada kegiatan ini diharapkan sudah menyesuaikan tema bisnis dengan kegiatan rencana bisnis tersebut.

5.2. Persyaratan Mengikuti Kompetisi

Kelayakan Peserta

Peserta adalah kelompok siswa SMA kelas XII dengan anggota 3-4 orang (dengan 1 orang ketua kelompok) dan 1 orang guru yang memiliki ide bisnis yang kreatif, inovatif, memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

Peserta yang layak untuk ikut dalam kompetisi ini paling lambat sudah menyerahkan rencana bisnis paling lambat 2 minggu sebelum deadline jadwal pelaksanaan (17 November 2015)

Formulir Aplikasi

Dapat dilihat di website www.paramadina.ac.id. Pendaftaran menggunakan laman berikut:

https://docs.google.com/forms/d/1jhHhaBowB1ieM9Mpsulem2xVG4T1jdBU0ZInKoZvpjw/viewform

5.3. Proses Seleksi

Penilaian awal: seleksi awal akan dilakukan berupa desk evaluation yang dilakukan oleh panitia dan tim ahli dalam rencana bisnis. Tim yang lolos dan sesuai dengan kriteria penilaian akan diajukan dalam rencana bisnis.

Penilaian akhir: rencana bisnis yang lolos akan dipanggil dalam babak penyisihan pada lomba yang akan diselenggarakan pada jadwal yang telah ditentukan.

5.4. Kerahasiaan

Tim yang telah menyerahkan rencana bisnis ke panitia akan dijamin kerahasiaannya selama kompetisi berlangsung.

5.5. Pemenang Kompetisi

Pemenang adalah peserta yang mengumpulkan nilai terbanyak mengacu pada format penilaian pada lembar terlampir. Pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  1. Juara 1: Sertifikat + Piala Juara I
  2. Juara 2: Sertifikat + Piala Juara II
  3. Juara 3: Sertifikat + Piala Juara III
  4. Juara Harapan I: Sertifikat + Piala Harapan I
  5. Juara Harapan II: Sertifikat + Piala Harapan II
  6. Juara Harapan III: Sertifikat + Piala Harapan III
  7. Kelompok Terkreatif : Sertifikat
  8. Kelompok Terinovatif: Sertifikat
  9. Kelompok Terkompak: Sertifikat
  10. Presentasi Kelompok Terbaik: Sertifikat

5.6. Pengumpulan Aplikasi

Pendaftaran dan pengiriman proposal (online): 21 September 2015–3 November 2015

Desk evaluation: 4–10 November 2015

Pengumuman peserta babak penyisihan: 11 November 2015

Kompetisi: 17 November 2015

  1. Struktur Panitia Pelaksanaan Business Plan

Pelindung: Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina

Penangung Jawab : Ketua Program Studi Manajemen Universitas Paramadina

Ketua Pelaksana: Iyus wiadi

Sekertaris: Harni Agustina

Pelaksana Operasional Lomba: HIMA Manajemen

Contact Person:

Telp: (021) 79181188–ext 140 (prodi manajemen)

Email: [email protected]

 

Comments

comments