konfrensi deradikalisasi1

Konferensi: “Radikalisasi / Deradikalisasi”

Perkembangan situasi Timur Tengah akhir-akhir ini banyak menyedot perhatian dunia internasional terkait dengan berkembangnya jaringan teroris Islamic State (IS). Pemerintah di banyak negara menghadapi tantangan yang sama dalam menghadapi sejumlah aksi terorisme, dan merumuskan berbagai metode dalam meredam perkembangannya.

Dalam rangka membandingkan pengalaman Indonesa dan Jerman serta negara lainnya dalam mengatasi radikalisme yang berkembang di dunia, Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Yayasan Paramadina, Goethe Institut, dan Kedutaan Besar Jerman menggelar konferensi internasional di Jakarta dengan topik “Radikalisasi/Deradikalisasi”, pada:

Hari/Tanggal  : Selasa-Kamis, 24-26 November 2015.

Pukul                  : 08.00 WIB s/d selesai

Tempat             : Goethe Haus, Goethe-Institut Jakarta

Jl. Sam Ratulangi No. 09-15, Menteng, Jakarta Pusat + Google Map konfrensi deradikalisasi

Konferensi ini yang berlangsung tiga hari ini akan diikuti sejumlah perwakilan dari pemerintah, perguruan tinggi, lembaga keagamaan, kelompok pemuda dari masyarakat sipil, aktivis perdamaian, serta otoritas keamanan negara dari Jerman dan Indonesia. Dalam pertemuan ini, di antaranya, akan mendiskusikan sejumlah model pendekatan yang beragam dalam menangani fenomena radikalisasi serta kerangka sosial dalam merumuskan langkah-langkah pencegahannya.

“German Season sangat komprehensif. Kami punya elemen politik di dalamnya. Pertama mengenai Konferensi Radikalisasi dan Deradikalisasi. (Konferensi) ini membandingkan pengalaman Indonesa dan Jerman serta negara lainnya dalam mengatasi radikalisme yang berkembang di dunia,” ujar Dubes Jerman untuk Indonesia Georg Witschel, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Sesi publik akan diadakan pada 26 November 2015, pukul 10.30 WIB, di Goethe Institute Jakarta. Pada sesi yang merupakan penutup dari rangkaian workshop Deradikalisasi ini, Sidney Jones (Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict [IPAC]) dan Dr. Thorsten Gerald Schneiders (Editor Deutschlandfunk dan ahli mengenai Islam dari Jerman), akan menyampaikan kesimpulan workshop. Prof. Dr. Azyumardi Azra dari UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta dan Duta Besar Jerman, Dr. Georg Witschel, akan menyampaikan pidato penutup.

Bagi yang tertarik hadir di konferensi ini diharapkan dapat konfirmasi melalui email ke [email protected] atau telepon ke [021] 3917467 / [021] 3917471. Atau konfirmasi ke Ayu Mellisa ([email protected], telepon [021] 7655253).

 

Comments

comments