ciputat school

Diskusi “Radikalisasi/Deradikalisasi: Belajar dari Pengalaman Indonesia & Jerman”

Senin, 21 Desember 2015, Pukul 18.00-21.00 WIB.
Narasumber: Ihsan Ali-Fauzi & Novriantoni Kahar.
Aula Futsal Camp, Jl. RE. Martadinata No. 19, Ciputat, Tanggerang Selatan.

Isu terorisme menjadi fokus perhatian internasional beberapa tahun terakhir ini, menyusul berkelanjutannya kekacauan politik di beberapa negara di Timur Tengah. Dari berbagai penjuru dunia, anak-anak muda, khususnya laki-laki (tapi juga perempuan!), masuk ke Syria dan Irak untuk bergabung dengan organisasi teroris internasional yang dikenal sebagai ISIS. Beragam pemerintahan di dunia menghadapi tantangan yang sama: menemukan metode untuk menghambat gerakan rekrutmen para calon teroris, di satu sisi, dan “mengatasi” ancaman teroris yang baru kembali, di sisi lainnya. Inilah yang dikenal sebagai program radikalisasi dan deradikalisasi.

Berbagai kelompok kepentingan di Jerman dan Indonesia, baik kalangan pemerintahan maupun di luarnya, sama-sama menghadapi masalah di atas. Para ahli dari kedua negara bertemu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam isu tersebut dalam satu konferensi internasional di Jakarta akhir November lalu. Mereka berasal dari kalangan pemerintah, akademisi, aktivis LSM, dan lainnya.

Sambil menutup tahun 2015, Ciputat School akan membincangkan hasil-hasil pertemuan di atas. Ihsan Ali-Fauzi, Direktur Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD), Yayasan Paramadina, yang bertindak sebagai tuan rumah konferensi di atas, akan menyampaikan berbagai catatannya dari pertemuan penting itu. Akan memberi komentar juga Novriantoni Kahar, pemikir dan peneliti International Commission of Red Cross (ICRC) di Jakarta. Diskusi akan dilaksanakan pada Senin, 21 Desember 2015. Diawali dengan makan malam bersama pukul 18.00 WIB.

Ciputat School adalah forum diskusi bulanan yang diinisiasi oleh Forum Muda Paramadina dan Komunitas Ciputat School. Forum ini mengulas tema-tema agama, perdamaian, demokrasi, politik, dan hak asasi manusia. Program ini gratis dan terbuka untuk umum (dengan reservasi).

RSVP: [email protected]

 

Comments

comments