kulaih binadamai

Kuliah Agama & Bina-Damai (Pertemuan ke-3) “Kebebasan Beragama dalam Struktur Bina-Damai”

Studi konflik dan bina-damai sering dianggap kurang mementingkan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan. Alasannya, kebebasan beragama terlalu luas, tapi juga sekaligus terlalu sempit untuk bina-damai. Ia terlalu luas cakupannya, banyak isu yang di luar lingkup kerja resolusi konflik. Tapi ia juga terlalu sempit, hanya salah satu saja dari hak asasi yang harus dipenuhi dalam membina perdamaian yang berkeadilan.

Lalu di manakah letak kebebasan beragama dalam struktur bina-damai? Kuliah kali ini akan mendiskusikan pertanyaan tersebut pada level teori dan hukum serta menimbang kontribusinya di antara berbagai faktor yang penting dalam membina perdamaian-berkeadilan. Tidak seperti anggapan umum, perlindungan kebebasan beragama justru sangat penting dalam memperkuat kerukunan umat beragama.

Dalam rangka memperkenalkan konsep dan perdebatan utama seputar agama dan bina-damai, serta menghimpun gagasan untuk menopang riset agama dan bina-damai, Sekolah Agama dan Bina-Damai yang dijalankan Pusat Studi Agama dan Perdamaian (PUSAD) Yayasan Paramadina telah memasuki pertemuan ketiga.

Kuliah akan disampaikan dengan metode ceramah, dengan alat bantu makalah atau pointer paparan. Peserta diwajibkan membaca bahan bacaan sebelum mengikuti kuliah. Salah satu peserta akan menulis makalah ringkasan/ulasan terhadap bahan bacaan dan catatan/laporan kuliah.

  • Narasumber: Ihsan Ali-Fauzi (Direktur PUSAD Paramadina)
  • Penulis ringkasan & catatan kuliah: Irsyad Rafsadi & Ali Nursahid
  • Bahan Bacaan: Durham Jr. & Clark – “The Place of Religious Freedom in the Structure of Peacebuilding” (h. 281).

Waktu dan Tempat

Kuliah ini akan diselenggarakan pada Selasa, 26 April 2016, pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB. Bertempat di Ruang Diskusi Lt. 4, PUSAD Paramadina, Bona Indah Plaza, Blok A2 No. D 12 Jl. Karang Tengah Raya, Jakarta Selatan 12440.

Kuliah terbuka untuk umum, melalui pendaftaran. Bahan bacaan hanya diberikan kepada peserta yang telah mendaftar. Pendaftaran dikelola melalui email [email protected].

Kuliah bina damai

Comments

comments