Kul 4 Agama & Bina Damai

Kuliah Agama & Bina-Damai (4): “Agama dan Pembangunan untuk Bina-Damai”

Diskusi mengenai konflik dan perdamaian sulit dilepaskan dari soal agama dan pembangunan. Tapi ketiga sektor tersebut tampaknya masih berjalan sendiri-sendiri. Meski tujuannya kurang lebih sama, ingin memperbaiki dunia, masing-masing sektor memiliki kerumitan dan pertentangan tersendiri yang merintangi kerjasama di antara ketiganya.

Bagaimana menegosiasikan kesenjangan di antara ketiga sektor tersebut agar terbangun sinergi? Kuliah ini akan mendiskusikan wilayah-wilayah yang memungkinkan terjadinya konvergensi di antara praktisi pembangunan, bina-damai, dan pemuka agama. Meski sangat pelik dan penuh pertentangan, ada beberapa landasan bersama yang dapat diupayakan.

Pertemuan keempat Kuliah Agama dan Bina-Damai ini akan diselenggarakan pada:

Selasa, 31 Mei 2016, Pukul 13.00-15.00 WIB

Tempat: Ruang Diskusi Lt. 4 PUSAD Paramadina, Bona Indah Plaza, Blok A2, No. D12. Jl. Karang Tengah Raya, Jakarta Selatan ,12440. (+ Google Map)

Narasumber: Ihsan Ali-Fauzi (Direktur PUSAD Paramadina).

Kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan peserta pada konsep dan perdebatan utama seputar agama, konflik, dan bina-damai serta menghimpun gagasan untuk menopang riset agama dan bina-damai, serta program Sekolah Agama dan Bina-Damai yang tengah dijalankan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina.

Kuliah akan disampaikan dengan metode ceramah, dengan alat bantu makalah atau pointer paparan. Peserta sangat disarankan membaca bahan bacaan sebelum mengikuti kuliah. Salah satu peserta akan menulis makalah ringkasan/ulasan terhadap bahan bacaan dan catatan/laporan kuliah.

Bahan Bacaan: Appleby – The New Name for Peace? Religion and Development as Partners in Strategic Peacebuilding (h. 183).

Kuliah terbuka untuk umum, melalui pendaftaran. Bahan bacaan hanya diberikan kepada peserta yang telah mendaftar. Pendaftaran: [email protected].

 

Comments

comments