Kul Agama & Bina Damai 5

Kuliah Agama & Bina-Damai (5): “Agama, Rekonsiliasi dan Keadilan Transisi”

Dalam merespons ketidakadilan masa lalu, pemuka agama sering terlibat dalam apa yang dikenal sebagai keadilan transisional. Mereka mendorong dan menjalankan komisi kebenaran, menuntut pengadilan, mengenang korban tewas dan menyokong penyintas. Yang menarik, pemuka agama juga mengutarakan paradigma rekonsiliasi yang sering diperlawankan dengan perdamaian liberal dalam keadilan transisional.

Bagaimana etika rekonsiliasi dapat diterapkan dalam ranah politik dan diletakkan dalam konteks keadilan transisional? Kuliah Agama dan Bina-Damai pertemuan kelima kali ini akan mendiskusikan rekonsiliasi sebagai satu etika bina-damai dan menelusuri akarnya di berbagai tradisi keagamaan, untuk menunjukkan perbedaan dan persinggungannya dengan perdamaian liberal, dan memetakan agenda riset mengenai tema ini di masa akan datang.

Kuliah ini akan diselenggarakan pada:

Selasa, 14 Juni 2016, Pukul 16.00-18.00 WIB (Diakhiri dengan buka puasa bersama).

Ruang Diskusi PUSAD Paramadina: Bona Indah Plaza, Blok A2, No. D12. Jl. Karang Tengah Raya, Jakarta Selatan (+ Google Map).

Narasumber: Ihsan Ali-Fauzi (Direktur PUSAD Paramadina).

Penulis Ringkasan & Catatan Kuliah: Irsyad Rafsadi & Ali Nursahid.

Bahan Bacaan: Philpott, D., 2015. Reconciliation, Politics, and Transitional Justice. The Oxford Handbook of Religion, Conflict, and Peacebuilding, h.335.

Kuliah akan disampaikan dengan metode ceramah, dengan alat bantu makalah atau pointer paparan. Peserta diwajibkan membaca bahan bacaan sebelum mengikuti kuliah. Salah satu peserta akan menulis makalah ringkasan/ulasan terhadap bahan bacaan dan catatan/laporan kuliah.

Peserta kuliah terdiri atas mahasiswa, praktisi, pemuka agama, dan semua peneliti PUSAD Paramadina. Kuliah terbuka untuk umum, melalui pendaftaran. Bahan bacaan hanya diberikan kepada peserta yang telah mendaftar. Pendaftaran dikelola melalui e-mail [email protected].

Kuliah Agama & Bina Damai 5

Comments

comments