Tentang Baitulmal Paramadina

Baitulmal merupakan wujud komitmen Yayasan Paramadina dan para simpatisannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam kerangka keislaman dan keindonesiaan.

Baitulmal merupakan gabungan dari dua lembaga otonom Paramadina: Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Sadaqah (Lazis) dan Sosial Paramadina (Sosma).

Lembaga yang pertama (Lazis) bertujuan untuk mengumpulkan zakat, infak, dan sadaqah dari para jemaah maupun simpatisan jaringan Paramadina. Dana yang terkumpul waktu itu dipergunakan untuk penelitian-penelitian agama dan sosial serta penerbitan buku-buku keislaman, sebagai suatu langkah untuk memerangi kemiskinan intelektual.

Lembaga yang kedua (Sosma) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya para guru. Secara berkala Sosma mengadakan berbagai pelatihan untuk para guru di sekolah-sekolah.

Saat ini program Baitulmal Paramadina selain melakukan penghimpunan dan penyaluran zakat infak, dan sadaqah, juga menyelenggarakan bantuan kemanusiaan paska-bencana. Dana yang terkumpul terutama dipakai untuk:

1. TK Gratis
2. Pengembangan Ekonomi Berbasis PAUD
3. Beasiswa untuk Anak Negeri (Bestari)
4. Bantuan Sarana Pendidikan Darurat Bencana

Dalam melaksanakan program, Baitulmal mengutamakan moral pelayanan yang profesional, transparan, amanah, dan berdayaguna.

Untuk menjamin ketepatan sasaran, Baitulmal Paramadina juga melakukan riset untuk memperoleh peta kemiskinan dan database mustahik (penerima zakat) serta membina mereka agar mandiri.

Bagi Anda yang ingin zakat, infak, sadaqah, dan bantuan lainnya silakan menghubungi Muchsin Mulaela : [email protected].