Sahur on the Road

Komunitas ‘Sahur on the Road‘ ini lahir pada 2009. Sejak saat itu, setiap akhir pekan Bulan Ramadhan, komunitas ini rutin membagikan nasi bungkus di beberapa wilayah Jakarta saat menjelang sahur.

Gagasan ‘Sahur on the Road‘ muncul sebagai bentuk kepedulian para peserta kajian-kajian Paramadina ( jamaah) untuk membantu sesama yang kurang beruntung di bulan yang mulia dan penuh berkah itu. Komunitas ini digawangi oleh Muhammad Baqir dan Rahmat Hidayat.

Dana sumbangan dikumpulkan dan dikelola oleh para jamaah Paramadina sendiri. Di antara mereka ada yang menyumbang 50 ribu, 500 ribu, hingga jutaan rupiah.

Ada semacam ritual sebelum komunitas ini melaksanakan ‘Sahur on the Road‘. Mereka berkumpul terlebih dahulu di Musala Raharja Paramadina (Pondok Indah Plaza 1) untuk menyimak dan menggali makna dari puisi-puisi Rumi yang dibacakan Bagir.

Setelah itu, lima hingga tujuh mobil siap menyisir Jakarta untuk berbagi dengan mereka yang hidup di jalanan dengan jalur masing-masing. Mulai dari Fatmawati, Alteri Pondok Indah, Ciputat, Pasar Minggu, Mampang, dan sebagainya. Satu mobil biasanya berisi 100 nasi bungkus.

Bagi Anda yang ingin berbagi di Bulan Ramadhan, silakan menghubungi Rahmat Hidayat ( [email protected] )